Pengunjung

Hari ini : 36

Bulan ini : 2179

Tahun ini : 18841

Total : 40903

Buku Ajar Sosiologi Keperawatan

Buku ini dapat digunakan untuk perkuliahan pada mata ajar Sosiologi Keperawatan. Buku ini untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa D3 Keperawatan pada semester dua dengan beban studi 2 SKS. Buku ini berisi pemahaman awal bagaimana sesungguhnya konsep dasar sosial-budaya kesehatan yang pada akhirnya mahasiswa mampu mengimplementasikan sosial-budaya pada asuhan keperawatan. Selain itu, buku ini merupakan sarana untuk mempelajari sosiologi kesehatan dan memperkenalkan konsep dasar sosial-budaya, karakteristik manusia, interaksi sosial, perubahan sosial serta bagaimana penerapanya pada keperawatan.

 

            Buku ini terdiri atas 13 bab. Bab 1 menyajikan konsep kebudayaan serta pengaruhnya terhadap kepribadian. Bab 2 menyajikan hubungan antara manusia, masyarakat, dan budaya. Bab 3 memberi pemahaman bahwa terdapat hubungan antara agama dengan norma sosial, kontrol sosial, dan memberi pemahaman pentingnya peran agama dalam kehidupan. Bab 4 menjelaskan berbagai macam masalah sosial yang ada di masyarakat serta cara memecahkannya. Bab 5 memberi penjelasan berbagai syarat terjadinya sebuah interaksi sosial, bentuk interaksi sosial, serta memberi pemahaman proses sosial dan komunikasi sosial antara perawat dengan  klien. Bab 6 membahas tentang perubahan sosial dan perubahan kebudayaan yang ada di masyarakat, pandangan masyarakat terhadap perubahan sosial, dan kebudayaan serta dampak globalisasi bagi keperawatan. Bab 7 membahas konsep stratifikasi serta bagaimana mobilisasi terjadi di masyarakat. Bab 8 membahas pendekatan sosiologi keperawatan pada kelompok sosial yang ada di masyarakat. Kelompok sosial yang ada di masyarakt terbagi atas dua hal, yaitu kelompok sosial teratur dan kelompok sosial tidak teratur. Bab 9 menjelaskan konsep lembaga kemasyarakatan mulai dari pengertian, proses pertumbuhan lembaga kemasyarakatan, sistem pengendalian sosial, karakteristik, tipe serta petunjuk mempelajari lembaga kemasyarakatan. Bab 10 menjelaskan tentang konsep keluarga yang terdiri atas pengertian, struktur, tipe, tugas dan fungsi, tahap perkembangan keluarga, serta peran perawat keluarga. Bab 11 membahas perilaku sehat-sakit masyarakat. Pemahaman sehat-sakit masyarakat akan mampu menuntun perawat untuk membantu masyarakat berperilaku hidup sehat. Bab 12 memberi penjelasan  sistem medis non barat yaitu akupunktur dan ayurveda, serta bagaimana konsep pengobatan barat yang selalu menuntut perawat untuk lebih profesional melalui kolaborasi antara perawat dengan dokter. Bab 13 memberi pemahaman kepada peserta didik tentang aspek sosial budaya yang memengaruhi status dan perilaku kesehatan, sehingga pada akhirnya peserta didik mempu mengaplikasikan sosial-budaya dalam asuhan keperawatan.  

 

            Guna menambah kreativitas peserta didik, di tiap akhir bab disajikan tiga model evaluasi tanpa disertai kunci jawaban. Model evaluasi pertama untuk mengukur pengetahuan peserta didik, model evaluasi kedua melatih pemahaman peserta didik, dan melalui model evaluasi ketiga memberikan tantangan peserta didik untuk memecahkan masalah sosial di keperawatan secara praktis.

Jenis Koleksi:Buku
Fakultas:Fakultas Ilmu Kesehatan
Penulis:Sugeng Mashudi
Penerbit:EGC
Tahun:2009
aace aln vbe ebsco bwp pogi edubs